Aplikasi Akademik Berbasis Android (studi Kasus: Smpn 39 Bandung)

Authors

  • Valentino Rossi Fierdaus Saepudin Telkom University
  • Reza Budiawan Telkom University
  • Suryatiningsih Suryatiningsih Telkom University

Abstract

Abstrak— Seiring dengan semakin majunya teknologi informasi, kebutuhan akan suatu sistem informasi terkomputerisasi sudah mencakup ke segala bidang termasuk pada lembaga pendidikan seperti pada SMPN 39 Bandung. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pada Proyek Akhir ini dibangun suatu Aplikasi Akademik Berbasis Android yang memfasilitasi para Guru dalam melakukan pencatatan data akademik, serta memfasilitasi Siswa dan Orang Tua Siswa untuk memperoleh informasi data akademik. Metodologi dalam pengerjaan aplikasi ini menggunakan model Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah JAVA dan PHP, serta MySQL sebagai basis data yang digunakan untuk media penyimpanan data yang dibutuhkan. Alat yang digunakan dalam proses pembuatan aplikasi ini adalah Android Studio dan XAMPP. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu memfasilitasi para penggunanya perihal pengolahan data, atau memberikan informasi data akademik pada SMPN 39 Bandung.
Kata Kunci— Aplikasi, Akademik, Pendidikan, Android.
Abstract— Based on the advancement of information technology, the needs of computerized information system already covering all areas including educational institutions such at SMPN 39 Bandung. To fulfill those needs, in this Final Project created an Android Based Academic Application for facilitating the Teachers to recording the academic data, and facilitating the Students and Parents to gain the information about academic data. The methodology that used for development of this application is Waterfall Method. The programming languages that used for this application are JAVA and PHP, and MySQL as the database that used as
the data storage. The tools that used for this application are Android Studio and XAMPP. This application are expected to facilitating the users to processing academic data, or providing the information about academic data at SMPN 39 Bandung.
Keywords— Application, Academic, Education, Android.

Downloads

Published

2018-08-01

Issue

Section

Program Studi D3 Manajemen Informatika