Perancangan Buku Seri Infografis Biologi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Smp Kelas Ix.

Authors

  • Muhamad Rizal Maulana Telkom University
  • Dimas Krisna Aditya Telkom University

Abstract

Mata Pelajaran Biologi umumnya tidak dianggap sebagai mata pelajaran yang paling disukai. Hal ini disebabkan antara lain oleh metode penyampaian materi yang lebih bersifat hafalan text dan bukan pemahaman. Metode penyampaian tersebut mengakibatkan siswa merasa sulit menangkap kandungan materi yang disampaikan, yang lambat laun membuat siswa merasa bosan dan akhirnya siswa cenderung tidak menyukai mata pelajaran tersebut.

Untuk itu diperlukan buku bantu sebagai pendamping buku paket utama, yang dapat membantu siswa mencerna dan memahami materi Pelajaran Biologi secara lebih mudah, menarik dan praktis sehingga bisa meningkatkan minat belajar siswa terhadap biologi.

Dari hasil survey yang dilakukan terhadap siswa kelas IX SMP Bina Bakti 3 dan SMP Edu Global, disimpulkan bahwa buku pegangan biologi yang digunakan dirasa tidak menarik, membosankan dan sulit dicerna, karena lebih bersifat tekstual dan minim ilustrasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan perancangan buku dengan metode ilustrasi infografis menggunakan Software Adobe Illustrator CS6, yang kandungannya sepenuhnya mengacu dari buku pegangan resmi yang digunakan. Hasil perancangan tersebut dituangkan dalam bentuk buku seri Infografis Biologi kelas IX SMP, dan sebagai seri pertama adalah seri Sistim Ekskresi, dan selanjutnya menyusul Seri Sistim Reproduksi, Seri Sistim Koordinasi, Seri Adaptasi Makhluk Hidup dan Seri Pewarisan Sifat. Buku ini diyakini dapat membantu siswa dalam memahami materi secara lebih efektif dan meningkatkan minat belajar siswa terhadap Mata Pelajaran Biologi.

Downloads

Published

2018-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual