Pengaruh Jumlah Light Emitting Diode (LED) Pada Akurasi Sistem Positioning Indoor Berbasis Visible Light Communication (VLC)

Authors

  • Miftakhul Meiliana Rahmwati Telkom University
  • Nachwan Mufti Adriansyah Telkom University
  • Brian Pamukti Telkom University

Abstract

Salah satu teknologi yang digunakan pada Visible Light Communication (VLC) adalah penggunaan Light Emitting Diode (LED) sebagai sumber cahaya pada sis- tem indoor positioning dengan metode Received Signal Strength (RSS). Sistem pe- nentuan posisi menggunakan VLC dapat menentukan lokasi lebih akurat dibanding Global Positioning System (GPS) dan berguna untuk mencari posisi benda dengan ukuran kecil. Tugas Akhir ini kami telah melakukan deteksi terhadap random point berdasark- an besar daya yang diterima oleh detektor pada ruangan 5x5x3 meter. Dilakukan be- berapa skenario simulasi berdasarkan jumlah LED. Skenario pertama menggunakan 4 LED, skenario kedua menggunakan 6 LED dan skenario ketiga menggunakan 8 LED. Detektor berupa random point yang tersebar sebanyak 25 point. Hasil simulasi penelitian ini semakin banyak LED yang digunakan maka se- makin kecil jumlah positioning error dan akurasi yang dihasilkan semakin tinggi. Jika akurasi sistem menurun, maka positioning error meningkat dan berpengaruh pada hasil deteksi yaitu saat akurasi menurun maka ketepatan hasil deteksi dengan posisi asli kurang tepat. Pada skenario 4 LED jumlah random point yang berhasil dideteksi 18 titik, positioning error sebesar 0,505 meter dan tingkat akurasi sebe-sar 72,22%, skenario 6 LED jumlah random point yang berhasil dideteksi 22 titik, positioning error sebesar 0,1866 meter dan tingkat akurasi sebesar 88,42%, skena- rio 8 LED jumlah random point yang berhasil dideteksi 24 titik, positioning error sebesar 0,0808 meter dan tingkat akurasi sebesar 96,62%.

Kata kunci: Visible Light Communication, Light Emitting Diode, Received Signal Strength, Akurasi, Positioning, Positioning Error.

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi