Perancangan Program Komunikasi Pemasaran Media Sosial Pada Ukm Sepatu Qic’ Out Zaki Shoes Cibaduyut Menggunakan Metode Benchmarking Dan Analitycal Hierarchy Process (Ahp)

Authors

  • Aw Rosalina Abjamis Telkomuniversity
  • Yati Rohayati Telkomuniversity
  • Ima Normalia Kusmayanti Telkomuniversity

Abstract

Abstrak
UKM Qic’ Out Zaki Shoes merupakan salah satu pelaku usaha dalam bidang sepatu dan alas kaki yang ada di Cibaduyut,. Jenis sepatu yang diproduksi adalah sneakers, sepatu kulit, unisex dan menerima pesanan sepatu sesuai dengan keingginan pelanggan. Masalah pada UKM Qic’ Out Zaki Shoes yaitu penjualan yang fluktuasi pada setiap bulannya,dan penjualan konsumen dari hanya dari pihak retailer. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan perancangan program komunikasi pemasaran media sosial platform Instagram bagi UKM Qic’ Out Zaki Shoes untuk meningkatkan penjualannya dan membentuk brand awareness ke konsumen yang lebih luas. Metode yang digunakan adalah benchmarking dan Analytical Hierarchy Process (AHP), AHP digunakan untuk pembobotan elemen Instagram dan memilih mitra benchmark pada setiap elemen. Mitra benchmark merupakan kompetitor dari UKM Qic’ Out Zaki Shoes karena penelitian ini menggunakan competitive benchmarking. Hasil penelitian ini adalah delapan elemen Instagram yang diurutkan berdasarkan priority ranking, mitra benchmark untuk setiap elemen Instagram, dan membuat akun Instagram dengan mengimplementasikan formula elemen Instagram pada mitra benchmark terpilihnya.
Kata kunci : Analytical Hierarchy Process, Benchmarking, Program Komunikasi Pemasaran Media Sosial, Elemen Instagram

Abstract
Qic 'Out Zaki Shoes SMEs is a Small and medium-sized enterprises, UKM Qic 'Out Zaki Shoes SMEs is one of the businesses in the field of shoes and footwear in Cibaduyut. The types of shoes produced are sneakers, leather shoes, unisex and accept orders for shoes according to the customer's desire. The problem with Qic 'Out Zaki Shoes is that sales fluctuate every month, and consumer sales from only from retailers. This study aims to formulate the design of online marketing communication programs and Instagram social media platforms for Qic 'Out Zaki Shoes SMEs to increase sales and form brand awareness to a wider consumer. The method used is benchmarking and using Analytical Hierarchy Process (AHP), AHP is used to weight Instagram elements and choose benchmark partners for each element. Benchmark partner is a competitor of Qic 'Out Zaki Shoes SMEs because this research uses competitive benchmarking. The results of this study are eight Instagram elements sorted by priority ranking, benchmark partner for each Instagram element, and create an Instagram account by implementing the Instagram element formula on the selected benchmark partner.
Keywords: Analytical Hierarchy Process, Benchmarking, Marketing Communication Programs Online and Social Media, Instagram Element

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri