Perancangan Ulang Sop Pemantauan Dan Evaluasi Pemeliharaan Lingkungan Universitas Telkom Berdasarkan Iso 14001:2015 Klausul 9.1 Menggunakan Metode Business Process Improvement

Authors

  • Jordan Gultom Telkomuniversity
  • Sri Widaningrum Telkomuniversity
  • Wiyono Wiyono Telkomuniversity

Abstract

Abstrak Dalam pemeliharaan lingkungan kampus diperlukan SOP khusus pemantauan dan evaluasi agar tidak terjadi kesalahan fatal akibat salah menentukan tindakan pemeliharaan pada lingkungan yang ada dan Kepala Bagian dapat dengan mudah memantau, mengukur, menganalisis serta mengevaluasi setiap kegiatan pemeliharaan yang dilakukan. Namun, pada saat ini di Universitas Telkom sendiri belum memiliki SOP Pemantauan dan Evaluasi Pemeliharaan Lingkungan dan baru hanya terdapat SOP pemeliharaan sarana dan prasarana yang dimana cakupannya masih begitu luas dan pada SOP sebelumnya pun belum dilakukannya proses dokumentasi pada kegiatan pemeliharaan, sehingga Kepala Bagian kesulitan memantau dan mengevaluasi hasil pemeliharaan yang telah dilakukan. Business Process Improvement merupakan sebuah pendekatan yang terstruktur untuk menganalisa aktivitas perusahaan dengan berfokus pada meminimasi pemborosan dan birokrasi yang tidak efisien. Tujuan penelitian ini adalah merancang ulang proses bisnis sehingga menjadi lebih baik dari aspek efisiensi dan birokrasi tidak terjadi secara bersamaan, tetapi secara bertahap dan tidak membutuhkan waktu yang panjang sehingga proses bisnis tidak membengkak dan menjadi proses bisnis yang efektif, efisien, dan fleksibel. Perancangan proses kegiatan pemantauan dan evaluasi pemeliharaan lingkungan kampus dilakukan dengan mempertimbangkan analisis kondisi aktual dan analisis gap dengan requirement ISO 14001:2015 klausul 9.1. Selain itu perancangan proses kegiatan pemantauan dan evaluasi pemeliharaan lingkungan berdasarkan ISO 14001:2015 klausul 9.1 harus menentukan input dan output, urutan proses, dan improvement. Setelah itu dilakukan perbaikan proses menggunakan Business Process Improvement sehingga proses tersebut menjadi lebih efisien. Kemudian proses yang telah diperbaiki menghasilkan usulan proses pemantauan dan evaluasi pemeliharaan lingkungan. Proses tersebut dibuat ke dalam bentuk SOP yang dapat digunakan sebagai panduan perusahaan dalam memantau dan mengevaluasi pemeliharaan lingkungan. Melalui SOP ini diharapkan agar Universitas Telkom dapat memonitor, mengukur, menganalisis dan mengevaluasi hasil kegiatan pemeliharaan lingkungan kampus dengan lebih efektif dan efisien.

Kata kunci : ISO 14001:2015, SOP, BPI, Pemantauan, Evaluasi, Pemeliharaan, Lingkungan.

Abstract In maintaining the campus environment, a special SOP is required for monitoring and evaluation so that no fatal errors occur due to incorrectly determining maintenance actions in the existing environment and the Head of Department can easily monitor, measure, analyze and evaluate every maintenance activity undertaken. However, at the moment at Telkom University, there are only SOPs for maintenance of facilities and infrastructure, which are still very broad in scope. The problem that occurred in the previous SOP was that there had been a performance evaluation activity but the documentation process had not been carried out in the maintenance activities, so that Head of Division had difficulty monitoring and evaluating the results of the maintenance that had been carried out. The design of the process of monitoring and evaluating the activities of maintaining the campus environment is done by considering the analysis of the actual conditions and gap analysis with the requirements of ISO 14001: 2015 clause 9.1. In addition, the design of the process of monitoring and evaluating environmental maintenance activities based on ISO 14001: 2015 clause 9.1 must determine inputs and outputs, sequence of processes, and improvement. After that the process is improved using the Business Process Improvement so that the process becomes more efficient. Then the improved process resulted in a proposed environmental monitoring and evaluation process.The process is made in the form of SOPs that can be used as a guide for companies in monitoring and evaluating environmental maintenance. Through this SOP it is hoped that Telkom University can monitor, measure, analyze and evaluate the results of campus environmental maintenance activities more effectively and efficiently.

Keywords: ISO 14001:2015, SOP, BPI, Monitoring, Evaluation, Environmental, Maintenance.

Downloads

Published

2020-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri