Analisis Dan Perancangan Enterprise Architecture Pada Bidang Konservasi Dan Pengendalian Perubahan Iklim Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Menggunakan Togaf Adm

Authors

  • Amar Maulana Telkom University
  • Irfan Darmawan Telkom University
  • Putra Fajar Alam Telkom University

Abstract

Abstrak Dinas Lingkungan Hidup mempunyai tugas pokok yaitu menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah bidang pengelolaan lingkungan hidup, namun proses bisnis yang ada dalam instansi tersebut belum berjalan dengan baik seperti belum dapat memaksimalkan pengunaan teknologi informasi yang ada. Permasalahan yang terjadi juga dikarenakan belum adanya suatu standar untuk menjalankan proses bisnis dengan penggunaan teknologi informasi yang optimal. Solusi untuk menjawab permasalahan tersebut yaitu dibutuhkannya suatu standar ataupun pedoman dalam pelaksanaan proses bisnis agar selaras dengan strategi teknologi informasi yang ada. Enterpise Architecture merupakan suatu metode yang akan dirancang dengan dukungan TOGAF (The Open Group Architecture Framework) dan framework ADM (Architecture Development Method) akan menjadi komponen dalam TOGAF yang akan menjadi metodologi perancangannya. Berawal dari fase preliminary sampai fase migration planning. Hasil dari perancangan EA ini yaitu artifak dan architecture roadmap. Blueprint dari arsitektur tersebut akan digunakan instansi sebagai pedoman untuk melaksanakan proses bisnis dan pengambilan keputusan untuk menerapkan teknologi informasi yang akan digunakan.

Kata Kunci: Enterprise Architecture, TOGAF, Instansi, Teknologi Informasi

Abstract Dinas Lingkungan Hidup has the main duty of organizing regional government affairs in the field of environmental management, but the business processes that exist in these agencies have not run well as yet can maximize the use of existing information technology. Problems that occur also due to the absence of a standard to run business processes with the use of optimal information technology. The solution to answer the problem is the need for a standard or guidance in the implementation of business processes to align with the existing information technology strategy. Enterpise Architecture is a method that will be designed with the TOGAF (The Open Group Architecture Framework) and ADM framework (Architecture Development Method) to be a component in TOGAF which will be the design methodology. Starting from the preliminary phase to the migration planning phase. The result of this EA design is artifact and architecture roadmap. Blueprint of the architecture will be used by agencies as a guide to carry out business processes and decision-making to apply information technology to be used.

Keywords: Enterprise Architecture, TOGAF, Agencies, Information Technology

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi