Penentuan Prioritas Kriteria Pemilihan Kandidat Rektor Pada Perguruan Tinggi Swasta X Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (ahp)

Authors

  • Nadira Cahya Utami Rusli Telkom University
  • Budi Sulistyo Telkom University
  • Atya Nur Aisha Telkom University

Abstract

Abstrak Pada saat ini PTS X akan melaksanakan pemilihan rektor yang baru pada tahun 2019, hal ini menjadi kali kedua pemilihan rektor yang dilakukan untuk PTS X. Dalam proses rekrutmen dan pemilihan rektor yang dibutuhkan untuk membuat keputusan. rektor di PTS X. PTS X telah memiliki kriteria untuk menjadi rektor di dalam statuta, tetapi juga untuk tahun pertama 2013 yang kemudian diterbuskan ditahun 2019 nantinya. Kriteria pada statuta tersebut juga belum diketahui tingkat prioritasnya. Kriteria yang telah ada akan dibandingkan dengan persyaratan untuk menemukan yang dapat menghasilkan visi dan misi dari PTS X. Penentuan kriteria akan dilakukan dengan menggunakan ahli yang berpengalaman dan juga merupakan anggota senat PTS X. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi kriteria yang dibutuhkan dari jabatan pada PTS X dan (2) Menentukan bobot harga pada setiap keputusan di PTS X berdasarkan kriteria yang memiliki bobot tertinggi. Data penelitian yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data sekunder diperoleh dari berbagai literatur, hasil penelitian sebelumnya, dan lain-lain yang sesuai dengan topik ini. Pengolahan data yang digunakan adalah Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan nilai dari faktor, aktor, tujuan, dan alternatif. Berdasarkan hasil pengolahan data, yaitu, yang baik (0.1748), profesional (0.1453), visioner (0.1264), berpengalaman dalam manajerial (0.1259), berwawasan luas (0.867), berintegritas (0.858). ) dan memiliki jiwa kewirausahaan (0,271). Kriteria-istilah inilah yang diperlukan dalam proses di PTS X.
Kata kunci: AHP, Rektor, Kriteria, Bobot
Abstract
At this time PTS X will carry out the new Chancellor election in 2019, this is the second time the Chancellor election is held for PTS X. In the recruitment process and the selection of chancellors needed to make decisions. chancellor at PTS X. PTS X has the criteria to become chancellor in the statute, but also for the first year of 2013 which will be later released in 2019. The criteria in the statute are not yet known the priority level. Existing criteria will be compared with the requirements to find that can produce the vision and mission of PTS X. The criteria will be determined using experienced experts and are also members of the PTS X senate. The objectives of this research are 1) Identifying the criteria required of the position on PTS X and (2) Determine the weight of each decision on PTS X based on the criteria that have the highest weight. The research data collected consists of primary and secondary data. Secondary data is obtained from various literatures, the results of previous studies, and others that are in accordance with this topic. Data processing used is Analytic Hierarchy Process (AHP) to determine the value of factors, actors, goals, and alternatives. Based on the results of data processing, namely, the good (0.1748), professional (0.1453), visionary (0.1264), experienced in managerial (0.1259), broad-minded (0.867), integrity (0.858). ) and have an entrepreneurial spirit (0.271). These criteria are needed in the process at PTS X.
Keywords: AHP, Chancellor, Criteria, Weight

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri