Usulan Perbaikan Komunikasi Pemasaran Pada Humeera Hijab Dengan Menggunakan Metode Benchmarking Dan Tool Analytical Hierarchy Process

Authors

  • Anggia Ghassani Telkom University
  • Husni Amani Telkom University
  • Rio Aurachman Telkom University

Abstract

Abstrak

Humera Hijab merupakan salah satu home industry yang bergerak di bidang produksi hijab/jilbab yang berdiri pada tahun 2015 di Bandung. Humeera Hijab adalah brand hijab dengan harga yang ekonomis dan mempunyai kualitas yang baik. Masalah pada Humeera Hijab yaitu penjualan Humeera Hijab yang jauh di bawah target penjualan dan paling sedikit bila dibandingkan dengan brand kompetitornya. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi program komunikasi pemasaran bagi Humeera Hijab untuk meningkatkan penjualannya dan membentuk kesadaran mereknya. Perancangan program komunikasi pemasaran tersebut menggunakan metode benchmarking dan menggunakan Analytical Hierarchy Process untuk memilih partner benchmark-nya beserta dengan bauran komunikasi pemasarannya. Pada penelitian ini disusun kriteria AHP yang dibentuk dari bauran komunikasi pemasaran. Alternatif partner benchmark yang digunakan dalam AHP merupakan pesaing dari Humeera Hijab karena penelitian ini menggunakan competitive benchmarking. Rekomendasi program komunikasi pemasaran dari penelitian ini adalah dengan menerapkan copywriting yang sesuai, menambah jumlah alternatif promosi yang digunakan (free shipping), memberikan diskon pada hari-hari besar tertentu, membuat blog, mengevaluasi dan menerapkan e-marketplace yang akan digunakan, membuat website, mengikuti expo dengan skala daerah/regional dan menjadi sponsor acara, membuat rencana untuk menambah dan menentukan frekuensi posting, menerapkan endorsement, dan membuat store atau bekerjasama dengan store yang menjual produk yang sama.

Kata kunci: Analytical Hierarchy Process, Benchmarking, Hijab, Program Komunikasi Pemasaran, UKM.

Abstract
Humera Hijab is one of the home industry engaged in the production of hijab/veil that stands in 2015 in Bandung. Humeera Hijab hijab with brand is an economical price and good quality. Problem on Humeera sales Humeera i.e. Hijab Hijab which is far below the target of selling and least when compared to its competitors brand.
This research aims to formulate recommendations for Humeera marketing communications program to increase sales and Hijab forming the consciousness of its brand. The design of the marketing communication programs using the method of benchmarking and using Analytical Hierarchy Process to select his benchmark partner along with her marketing communication mix.
Research on the AHP of criteria was developed which was formed from the marketing communication mix. Associate alternative benchmark used in the AHP is a competitor of this study because of the Hijab Humeera using competitive benchmarking.
Marketing communications program recommendations from this research is by applying the appropriate copywriting, increase the number of alternative promotion used (free shipping), provide discounts on certain holidays, make a blog, evaluate and implement an e-marketplace that will be used, create a website, follow the expo with the scale area/regional and become a sponsor of the event, making plans to add and determine the frequency of posting, applying the endorsement, and create a store or in collaboration with the store selling the same products.
Key words: Analytical Hierarchy Process, Benchmarking, Hijab, Marketing Communications Program, SMES

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Industri