Pembangunan Purwarupa Perangkat Keras Dan Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Algoritma A*

Authors

  • Zaenal Abidin Telkom University
  • Kemas Muslim Lhaksmana Telkom University

Abstract

Abstrak
Saat ini teknologi telah banyak membantu dalam menyelesaikan pekerjaan manusia seperti Smart Parking System (SPS). SPS merupakan suatu layanan yang dapat menyajikan informasi mengenai lokasi parkiran yang tersedia kepada calon pengguna parkiran. Tetapi, dalam pemanfaatan SPS saat ini kurang maksimal karena hanya digunakan ketika calon penggguna akan memarkirkan kendaraan. Sedangkan saat pengguna akan keluar dari lokasi parkir tidak dapat mengetahui informasi lokasi parkiran tersebut.
Kurangnya informasi lokasi bagi calon pengguna parkiran. Dalam penerapan teknologi sangat diperlukan informasi untuk memaksimalkan kegunaan dari teknologi tersebut. Saat ini SPS memberikan informasi hanya di awal. Sehingga akan membuat pengguna parkiran kebingungan.
Pentingnya informasi dalam teknologi.Saat ini SPS mempunyai informasi yang minim dan hanya dapat diketahui oleh pengelola. Maka disarankan untuk menambahkan informasi lokasi parkiran yang dapat ditampilkan untuk pengguna parkiran. Penenempatan layar informasi parkiran sekarang hanya ditem-patkan untuk mendapatkan lokasi dan diketahui oleh pengelola tetapi tidak dapat ditampilkan oleh peng-guna parkiran. Diharapkan pengelolaan informasi parkiran dapat membantu pengguna parkiran maupun pengelola parkiran dalam mendapatkan informasi.
Pengelolaan database. Dalam pengambilan informasi tentunya membutuhkan sistem dan wadah untuk mengelola data dan menyimpan data. Sistem yang telah dibuat yaitu sistem interface untuk informasi denah parkiran dan database yang telah dikelola agar dapat menerima dan mengirim data dari perangkat yang dipakai sehingga menjadi informasi yang dapat ditampilkan.
Informasi yang dapat ditampilkan untuk pengguna dan pengelola. Didapatkan layar informasi yang dapat di akses oleh pengguna dan pengelola untuk mengetahui denah parkiran dan lokasi kendaraan yang telah di parkirkan. Sehingga tidak menghabiskan banyak waktu untuk mencari kendaraan ketika akan keluar.

Kata kunci : Smart Parking System, RFID, Mini PC, database


Abstract
Today technology has helped a lot in completing human work, for example the Smart Parking System (SPS). SPS is a service that can provide information about parking locations available to the prospective parking users. Whereas when the user is going to go out from the parking location, they cannot find out the location information of the parking lot. Lack of location information for prospective parking users. In applying technology, information is really needed to maximize the utilization of the technology itself. This time, SPS provides information only at the beginning. So that it will confuse the parking users. The importance of information in technology. SPS currently only has a few informations and can only be known by the administrator. Then it is recommended to add parking location information that can be displayed for parking users. The placement of the current parking information screen is only used to get the location and is known by the administrator but it cannot be displayed by parking users. It is expected that the management of parking information can help both parking lot users and parking administrators in getting information Database management for. In information retrieval, of course, requires a system and container to manage and store the data. The system that has been created is an interface system for information of parking lot layout and database information that has been managed so that it can receive and send the data from the used device in order to make it as an information that can be displayed. Information that can be displayed for users and managers. It is obtained a screen of information that can be accessed by users and administrators to find out layout of the parking lot and location of the parked vehicle. So it doesn’t take a lot of time to look for a vehicle when they want to go out.

Keywords: Smart Parking System, RFID, Mini PC, data

Downloads

Published

2019-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komputasi