Strategi Kreatif Iklan Bukalapak Versi “Gilanya Belanja Di Bukalapak Edisi Harbonas” Dan “Bukalapak Emang Cincai Pada Youtube

Authors

  • Medelyn Astrineda Billik Telkom University
  • Iis Kurnia Nurhayati Telkom University

Abstract

BSTRAK

Pada penelitian ini akan menganalisis mengenai iklan yang dimana iklan tersebut diketahui memiliki suatu strategi kreatif. Iklan yang dimaksud dalam hal ini adalah 2 iklan Bukalapak yang berjudul “Gilanya Belanja di Bukalapak dan iklan Bukalapak memang cincai. Pada penelitian ini, akan di teliti dengan judul “Strategi Kreatif Pada Iklan Bukalapak Di Media Youtube†dimana pada 2 iklan tersebut pernah memenangkan kategori Film Craft yang meraih Silver Citra Pariwara, Viral and Email Marketing meraih Bronze Citra Pariwara, dan Digital Integrated Campaign meraih Silver Citra Pariwara. Hal ini juga di latar belakangi oleh Pandangan mengenai apa yang dimaksud dengan iklan yang kreatif ternyata tidak sama. Salah satu pandangan yang mengatakan bahwa iklan tersebut kreatif ketika iklan tersebut mampu meningkatkan penjualan produk. Selain itu, pandangan lain mengatakan iklan yang kreatif adalah iklan yang berasal dari ide orisinil, memiliki nilai artistic dan estetik serta mampu memenangkan penghargaan. Sedangkan untuk pendapat lain menyebutkan iklan kreatif adalah iklan yang mampu menarik perhatian dan mampu memberikan efek kepada audiensi. Pada penelitian ini sangat diharapkan agar untuk kedepannya dapat bermanfaat untuk pembuat iklan ataupun agensi iklan lainnya juga dapat memahami apa itu strategi kreatif dan mampu membuat konten iklan yang lebih kreatif lagi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis isi dimana analisis isi tersebut adalah isi yang berangkat dari tiga sifat yang melekat padanya yakni objektif, sistematis, dan generalitas. Untuk sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka yang melalui penelitian terdahulu, pencarian pustaka ataupun buku, pencarian melalui internet dan pencarian sekunder. Untuk landasan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi kreatif. Untuk hasil penelitian pada strategi kreatif ini adalah bahwa setiap iklan pasti memiliki strategi kreatif pada adegan nya masing-masing, dimana strategi kreatif tersebut dapat diketahui berdasarkan dari kategori yang sudah ada didalam teori.


Kata Kunci: Strategi Kreatif, Periklanan, Analisis Isi



ABSTRACT

In this research it will analyze the advertisement where the advertisement is known to have a creative strategy. The advertisement referred is two advertisements from Bukalapak entitled “The Excitement of Shopping at Bukalapak†and “Bukalapak is Great Indeedâ€. In this research entitled “Creative Strategy on Bukalapak Advertisement on Youtube Media†where these 2 advertisements have won Silver Citra Pariwara on Film Craft category, Bronze Citra Pariwara on Viral and Email Marketing category, and Silver Citra Pariwara on Digital Integrated Campaign category. This research is also based on perspective that creative advertisement are not the same. One perspective said that an advertisement is creative when the ad is able to increase product sales. In addition, other viewpoint said creative ads are from original ideas, have artistic and esthetic value, and also able to win awards. Where others said creative advertisement is the ad who can attract interest and also able to affect audience. This research is expected that in the future it can be useful for ads creators and agencies so that they can understand creative strategy and also able to create more creative ads. The research method used in this study is the content analysis method where the content has three traits inherent in it namely objective, systematic, and generality. In this research we use various data sources such as literature from previous research, related books and libraries, internet, and secondary search. In addition, theory of Creative Strategy is the theoretical basis used in this research. The result of this creative strategy research is that every ads certainly have creative strategy in each of its scenes, where the creative strategy can be identified based on the categories that already exist in the theory.

Keywords: Creative Strategy, Advertisement, Content Analysis

Downloads

Published

2019-08-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi